ASIANUSA singkatan dari ASOSIASI INDUSTRI AUTOMOTIF NUSANTARA dimana anggotanya terdiri dari produsen 'Micro Car' dan Mesin Penggerak di seluruh Indonesia.



Mobil Murah Bertentangan dengan Transportasi Massal

Duren Sawit, Wartakotalive.com

Rencana pemerintah memberikan insentif pajak untuk mobil murah ramah lingkungan sebaiknya dipertimbangkan. Tujuan produsen memproduksi mobil murah hanya untuk kepentingan bisnis semata. Tidak sesuai dengan program pemerintah untuk menciptakan transportasi massal yang nyaman sehingga mengurangi pemakaian kendaraan bermotor pribadi.

Terbukti, kendaraan yang diproduksi itu hanya berkapasitas lima penumpang (sedan) dan segmentasi penjualan diarahkan kepada pengendara sepeda motor yang diharapkan beralih untuk memakai mobil pribadi. Jika 30 persen dari pengendara sepeda motor beralih memakai mobil murah yang dimensinya tiga kali ukuran sepeda motor itu, bisa dibayangkan betapa semakin parahnya kemacetan di jalan-jalan, khususnya di DKI Jakarta dan sekitarnya.

Tujuan mengurangi konsumsi bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi adalah tidak masuk akal. Menurut rencana, mobil ini dilarang menggunakan BBM bersubsidi. Konsumen akan lebih memilih menggunakan mobil konvensional dengan konsumsi BBM 12 kilometer per liter ketimbang mobil murah dengan konsumsi BBM 20 kilometer per liter jika mobil konvensional masih boleh menggunakan BBM bersubsidi yang harganya hanya separuh dari harga BBM nonsubsidi. Tujuan mengurangi konsumsi BBM bersubsidi mengada-ada.

Saat ini banyak mobil mewah masih menggunakan BBM bersubsidi, bagaimana sistem kontrolnya? Kebijakan mobil murah hanya akan meningkatkan kredit yang bersifat konsumtif dan berisiko macet. Jika harga mobil Rp 80 juta, orang yang mempunyai uang Rp 20 juta, setelah ada promosi diskon uang muka, bisa mempunyai mobil. Lebih bermanfaat jika insentif pajak digunakan untuk membangun infrastruktur dan transportasi massal.

Rosida
Perum Palem Indah, Duren Sawit,
Jakarta Timur

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Dewa Yuniardi - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan