ASIANUSA singkatan dari ASOSIASI INDUSTRI AUTOMOTIF NUSANTARA dimana anggotanya terdiri dari produsen 'Micro Car' dan Mesin Penggerak di seluruh Indonesia.



Mobil Murah akan Menjadi Dilema Kemacetan di Jakarta





Aditya Maulana - detikOto Regulasi mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost and Green Car (LCGC) yang dikabarkan bakal dirilis oleh pemerintah ternyata akan menjadi dilema bagi pabrikan.

Sebab di lain sisi Pemprov DKI Jakarta tengah menggalakkan kebijakan-kebijakan untuk mengatasi kemacetan yang melanda Jakarta dari dulu hingga saat ini.

Ketua II Gaikindo Yohannes Nangoi memperkirakan hadirnya mobil murah ini akan meningkatkan penjualan mobil di Indonesia. Sebab dengan harga yang terjangkau atau kurang dari Rp 100 juta banyak masyarakat yang tertarik untuk meminangnya.

"Tentunya ini akan menjadi suatu dilema besar karena kendaraan ini (LCGC) akan diproduksi dengan harga yang terjangkau. Makin banyak kita (Gaikindo) jual kendaraan maka Jakarta akan semakin macet," aku Yohannes di Jakarta.

Namun jika regulasi mobil murah ini diterbitkan maka Gaikindo merasa sudah sangat siap untuk memproduksinya. Buktinya banyak pabrikan yang akan bermain di mobil murah ini siap untuk melakukan produksi massal.

"Sampai saat ini dan pagi tadi saya cek ada 2 merek yang tergabung di Gaikindo yang belum kendaraannya diluncurkan tapi permintaanya sudah mencapai 30 ribu," ucapnya sambil tersenyum.

Tapi Yohannes juga menuturkan kalau adanya mobil murah nanti memang menghasilkan 2 sisi yang berbeda. Di sisi lain akan menguntungkan dan mengharumkan industri otomotif Indonesia tapi di lain sisi juga akan membuat Jakarta dan beberapa kota besar lainnya menjadi macet.

"Permasalahan transportasi di Indonesia itu memang never ending story yang artinya akan terus berjalan dan industri otomotif juga akan terus berjalan selama masih ada dan selama peraturan pemerintah mengizinkan itu kita akan terus berjalan," tutup Yohannes.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Dewa Yuniardi - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan