ASIANUSA singkatan dari ASOSIASI INDUSTRI AUTOMOTIF NUSANTARA dimana anggotanya terdiri dari produsen 'Micro Car' dan Mesin Penggerak di seluruh Indonesia.



Mobnas Tak Gentar Hadapi Mobil Murah Produksi Asing

Selasa, 30 Maret 2010 – 14:23 wib
Prasetyo Adhi – Okezone
Sumber: http://autos.okezone.com

JAKARTA- Walau mengaku kecewa dengan rencana pemerintah menghibahkan proyek mobil murah kepada produsen automotif asing, namun para produsen mobil nasional (mobnas) tak gentar hadapi serbuan mobil yang nantinya membanjiri Indonesia itu.

Hal ini ditegaskan Ketua Asosiasi Industri Automotive Nusantara (Asianusa) Ibnu Susilo ketika dihubungi okezone, Senin (29/3/2010). Asianusa merupakan asosiasi yang menaungi nama-nama produsen mobnas seperti Arina, GEA, Tawon, Komodo, dan Wakaba.

Diungkapkan Ibnu, rencana pemerintah untuk segera merealisasikan proyek mobil murah untuk merek asing tidak akan mematikan semangat para produsen mobnas. “Kita tidak gentar dengan hadirnya program mobil murah yang dilakukan produsen asing itu,” katanya.
Agar makin berkembang, para produsen mobnas yang tergabung dengan Asianusa ini, tambah Ibnu akan menggandeng UKM-UKM di seluruh Indonesia sebagai penyedia jaringan pelayanan, distribusi dan suku cadang.

“Dengan kita menggandeng UKM-UKM ini maka kita ingin bukan hanya produsen mobilnya saja yang maju tapi juga sektor industri lokal lainnya juga terangkat dengan cara mereka menjadi mitra jaringan kita,” paparnya.

Cara tersebut ditempuh selain memajukan industri dalam negeri juga agar menghindari keterlibatan pihak asing sehingga pendapatan negara tidak keluar kepada pihak asing. “Jadi kalau kita libatkan industri lokal, kan uangnya berputar di dalam negeri saja guna memajukan masyarakat Indonesia bukan menjadi keuntungan pihak asing,” kata dia.

Dengan begini diharapkan masyarakat dapat melihat mana sebenarnya podusen yang lebih menguntungkan mereka, yang asing atau lokal. “Masyarakat bisa hitung, kalau mereka beli mobil, uang yang didapat dari hasil keuntungan penjualan mobil itu lari kemana, apakah untuk kepentingan industri dalam negeri lagi atau hanya menjadi keuntungan prinsipal asing yang kebetulan memasarkan mobil murah di Indonesia?” terang Ibnu. (uky)

2 komentar:

Muhammad Reza Norman mengatakan...

Oi sodara!! Saya sudah tulis komentar panjang lebar koq dihapus ya? Susah amat kasih saran dan kritik disitus ini! mana pake "beri komentar sebagai:" lagi, jadi hilang dah semua yg sudah saya tulis. padahal tadi saya sudah salut, sekarang jadi nggak salut lagi deh!! Indonesiaaa, indonesiaaa!!! nggak ada yg beres.................

Blogspot mengatakan...

pak muhamad reza, kami tidak pernah menghapus komentar di blog ini sekalipun isinya celaan dan hujatan terhadap asianusa, karena semuanya baik komentar yang baik atau yang buruk akan kami jadikan sebagai bahan masukan2 bagi perkembangan asianusa dimasa yad.

jika posting anda belum masuk, mungkin ada kesalahan di server blogspot, silahkan diulangi lagi postingan anda ...

sekali lagi kami tegaskan bahwa tidak pernah menghaspus pesan apapun yang di pos di blog ini, apapun isinya ...

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Dewa Yuniardi - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan