ASIANUSA singkatan dari ASOSIASI INDUSTRI AUTOMOTIF NUSANTARA dimana anggotanya terdiri dari produsen 'Micro Car' dan Mesin Penggerak di seluruh Indonesia.



Kampanye Mobil Lokal, Bantu Selamatkan Devisa

Dede Suryana – Okezone
Selasa, 24 Agustus 2010 08:02 wib
Sumber: http://news.okezone.com/read/2010/08/24/337/365892/kampanye-mobil-lokal-bantu-selamatkan-devisa

JAKARTA – Beberapa pihak mengusulkan agar pejabat negara menjadi perintis penggunaan mobil buatan dalam negeri. Hal ini diyakini akan menjadi contoh bagi masyarakat untuk belajar menyelamatkan devisa negara.

“Penggunaan produk dalam negeri ini kan upaya untuk menyelamatkan aset bangsa sekaligus menyelematkan mata uang kita. Seperti menteri-menteri di India, Jepang, China, atau di Eropa yang sudah memang menggunakan produk mereka,” ujar Ketua Ketua Umum Asosiasi Industri Automotive Nusantara (Asia Nusa) Ibnu Susilo saat berbincang dengan okezone, baru-baru ini.

Sebaliknya, tambah Ibnu, dengan terus memelihara agen tunggal pemegang merek (ATPM) asing, secara tidak langsung pemerintah telah memberikan uang negara kepada asing. “Itu dari sisi perdagangan. Kalau dari sisi teknologi, harus diakui kita tidak punya akar teknologi. Sekarang itu zamannya menciptakan teknologi dan bukan membeli teknologi,” ungkapnya.

Berkaitan dengan hal ini, Ibnu menyesalkan sikap pemerintah yang menolak memberikan proteksi terhadap Asia Nusa yang fokus pada produk otomotif lokal berharga dibawah Rp100 juta. Terlebih, saat pemerintah khawatir jika nantinya Asia Nusa menjualnya kepada asing, jika perusahaan yang dirintis sudah merangkak maju.

Pernyataan pemerintah yang khawatir Asia Nusa akan menjual perusahaan lokal kepada asing jika perusahaan yang dirintis sudah merangkak maju, juga dinilai Ibnu sangat berlebihan. “Asia nusa kan tujuannya untuk membangun jati diri. Kita nggak apa-apa tidak didukung pemerintah, tapi tolong jangan direcokin (kacaukan),” ungkapnya.
(ram)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Dewa Yuniardi - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan