ASIANUSA singkatan dari ASOSIASI INDUSTRI AUTOMOTIF NUSANTARA dimana anggotanya terdiri dari produsen 'Micro Car' dan Mesin Penggerak di seluruh Indonesia.



Produsen Mobnas Akan Gelar Pameran Sendiri

Jakarta (ANTARA News) - Kalangan produsen mobil nasional (Mobnas) yang tergabung dalam Asosiasi Industri Automotif Nusantara (Asia Nusa) akan menggelar pameran sendiri, di luar Indonesia International Motor Show (IIMS) 2011.

"Sudah ada EO (event organizer) yang siap membantu kami. Waktu dan tempatnya belum ditentukan, tapi yang pasti tahun ini. Lokasinya kemungkinan di luar Jakarta," ujar Ketua Bidang Pemasaran dan Komunikasi Asia Nusa Dewa Yuniardi, di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, Asia Nusa kecewa dengan sikap panitia IIMS yang terkesan tidak ikhlas dengan kehadiran Mobnas di pameran itu. Dia mencontohkan, tahun lalu produsen Mobnas tidak diberikan area tes drive. Panitia kala itu beralasan area test drive hanya untuk anggota Gaikindo.

Sedangkan untuk tahun ini, lanjut dia, panitia memang memberikan area test drive bagi Mobnas. Namun, hal ini diwarnai dengan sindiran. "Ada seorang panitia yang menyatakan ban mobnas bisa lepas saat dites pengunjung. kami keberatan dengan pernyataan ini, sehingga kami putuskan keluar dari IIMS 2011," keluh dia.

Selain itu, dia menjelaskan, stan Mobnas ditempatkan di lokasi suku cadang. Sementara merek asing ditempatkan di hall khusus mobil. "Ada banyak hal yang membuat kami kurang nyaman. Kami merasa IIMS kurang cocok untuk jadi ajang promo, karena dominasi penolakan terhadap Mobnas besar sekali," tutur dia.

IIMS 2010 diramaikan dua merek Mobnas, yakni Tawon dan Komodo. Dua merek ini menempati Hall C JIExpo Kemayoran, Jakarta, yang lokasinya cukup terpojok serta tertutup dengan beragam booth aksesoris mobil.

Dia menilai,ada kesan panitia tidak ikhlas Asia Nusa turut serta dalam IIMS yang merupakan pameran otomotif terbesar di Tanah Air. Dewa menduga Gaikindo yang didominasi merek mobil Jepang ingin menggarap pasar yang disasar Mobnas, yakni di bawah 1.000 cc. Kelihatannya, produsen mobil Jepang akan masuk ke segmen itu melalui program mobil murah yang tengah digodok pemerintah.

IIMS 2011 digelar di JIExpo Kemayoran pada 22-31 Juli 2011. Sebanyak 32 agen tunggal pemegang merek (ATPM) mobil akan meramaikan pameran ini. Total transaksi IIMS 2011 ditargetkan mencapai Rp 2,7 triliun.

(PSO-258)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Dewa Yuniardi - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan