ASIANUSA singkatan dari ASOSIASI INDUSTRI AUTOMOTIF NUSANTARA dimana anggotanya terdiri dari produsen 'Micro Car' dan Mesin Penggerak di seluruh Indonesia.



Sakit Hati, Mobnas Mundur dari IIMS 2011

Jumat, 01/07/2011 12:38 WIB
Syubhan Akib - detikOto

Jakarta - Kabar buruk datang. Para produsen mobil nasional beramai-ramai menyatakan mundur dari ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2011 yang akan diselenggarakan akhir bulan ini. Hal itu terpaksa dilakukan karena produsen mobil nasional merasa dilecehkan oleh seorang petinggi produsen mobil Jepang di Indonesia.

Kabar pengunduran itu dikatakan oleh Ketua Bidang Marketing/Komunikasi Asosiasi Industri Automotif Nusantara (Asia Nusa) Dewa Yuniardi kepada detikOto, Jumat (1/7/2011).

"Dengan terpaksa kami mundur," tegas Dewa.

Dewa lalu bercerita kalau langkah mundur yang terpaksa diambil oleh produsen mobil nasional itu diambil karena munculnya statement negatif dari seorang petinggi produsen mobil Jepang yang juga merupakan ketua penyelenggara IIMS 2011, Johnny Darmawan. Johnny juga sempat melontarkan jika nada sinis terkait mobnas awal tahun lalu.

Dalam konfrensi pers kedua IIMS pada 22 Juni silam, Johnny menurut Dewa sempat mengeluarkan candaan yang melecehkan mobnas. Saat itu, Johnny mengatakan pengunjung IIMS harus berhati-hati ketika mengetes mobil nasional karena ditakutkan ban mobilbuatan anak bangsa tersebut copot.

"Meski candaan, itu sangat melukai kami. Itu makanya kami mundur," tambahnya.

Sebelum kata-kata yang dianggap merendahkan itu muncul, produsen mobnas yang tergabung dalam Asia Nusa menurut Dewa sudah siap ikut serta.

"Pada technical meeting tanggal 17, kami sudah menyatakan siap. Tapi pas press confrence tanggal 22 kami tidak bisa datang karena ada persentasi mobnas di Kemenperin (Kementrian Perindustrian), eh muncul statment itu," cerita Dewa.

"Setelah itu, anggota-anggota pun mengeluh. Rapat yang memutuskan pengunduran diri baru tadi malam. Pagi ini kami kirim surat pengunduran diri secara resmi," tambahnya. "Kami berterima-kasih sudah diundang, karena itu kami mau mundur dengan baik-baik," tandasnya.

Sebelumnya, mobil-mobil nasional direncanakan ikut dipamerkan bersama deretan mobil-mobil kelas dunia di ajang IIMS yang akan dibuka pada tanggal 22 Juli mendatang.

Di ajang pameran mobil terbesar di Indonesia itu, mobnas ditempatkan di Hall C JIExpo Kemayoran, Jakarta. Mobnas-mobnas tersebut bersanding dengan booth komponen dan aksesoris kendaraan bermotor.

Selain dipamerkan, rencananya pengunjung juga diberi kesempatan untuk melakukan test drive jajaran mobil nasional seperti Tawon, Fin Komodo dan GEA. ( ikh / ddn )

1 komentar:

YONIX mengatakan...

Banyak orang Indonesi yang belum percaya dengan kemampuan Bangsa sendiri...
Itu akibat terlalu lama dijajah... maklum mental bangsa Jajahan.
Pak Dewa... Maju terus... Mobil Nasional bakal menggilas mobil Import...
Teori Pasar... Harga Murah tetap merajai pasar.
Mereka yang melecehkan sebenarnya Sangat Khawatir... Dagangannya .. bakal Pailit.

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Dewa Yuniardi - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan