ASIANUSA singkatan dari ASOSIASI INDUSTRI AUTOMOTIF NUSANTARA dimana anggotanya terdiri dari produsen 'Micro Car' dan Mesin Penggerak di seluruh Indonesia.



Indonesia Dinilai Punya Kemampuan Kembangkan Mobnas

Penyakit yang menjangkiti obsesi mobil nasional selalu layu sebelum berkembang, adalah berasal dari political will yang lemah dari pemerintah dan DPR.

Skalanews.com - Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FE-UI), Firmanzah, menilai, Indonesia punya kemampuan mengembangkan mobil nasional seperti Malaysia yang kini punya kebanggaan dengan produk mobil proton-nya. "Kita punya potensi baik dari sisi penguasaan teknologi dan pasar otomotif ," kata Firmanzah, di Jakarta, Minggu (30/9).

Namun kata dia, penyakit yang menjangkiti obsesi mobil nasional selalu layu sebelum berkembang, adalah berasal dari political will yang lemah dari pemerintah dan DPR. Padahal, dukungan penuh legislatif dan eksekutif bisa jadi pondasi bagi terwujudnya mobil nasional.

"Ya misalnya Esemka bisa jadi bakal seperti Proton-nya Malaysia. Bahkan bisa melesat jauh, karena pangsa pasar yang begitu besar di Indonesia," tuturnya.

Dia menambahkan, lemahnya keinginan untuk mengembangkan basis industri otomotif nasional membuat cerita soal mobil nasional selalu tenggelam sebelum berkembang. "Saya melihat instrument fiskal dan moneter tidak terlalu sensitif mengembangkan mobil nasional," katanya.

Padahal, sambung dia, dengan struktur industri yang sekarang ini ada Indonesia, atau pelaku industri otomotif bisa memproduksi mobnas dengan harga kurang dari Rp100 juta. Maka, bantuan teknis dari Kementrian Perindustrian atas sertifikasi aspek keselamatan, permodalan dan jaringan onderdil dan suku cadang sangat diharapkan.

"Itu juga perlu dibantu oleh pengusaha-pengusaha di Kadin dan Apindo. Ini jadi potensi industri besar," tandasnya. (gus)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Dewa Yuniardi - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan