ASIANUSA singkatan dari ASOSIASI INDUSTRI AUTOMOTIF NUSANTARA dimana anggotanya terdiri dari produsen 'Micro Car' dan Mesin Penggerak di seluruh Indonesia.



MOBIL MURAH: Insentif Keluar, Lalin Bakal Tambah Macet?

Pusing karena macet
JAKARTA — Organda mengkritisi rencana pemerintah yang akan memberi insentif bagi industri mobil pribadi yang mampu mengusung ramah energi agar menjadi mobil berharga murah.

Ketua umum DPP Organisasi Pengusaha Nasional Angkutan Bermotor di Jalan (Organda) Eka Sari Lorena mengatakan yang harusnya mendapat insentif adalah kendaraan umum untuk menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan.

“Lebih baik harusnya yang diberikan incentif yang benar adalah yang berdampak kepada makro ekonomi kerakyatan dan menghemat bahan bakar minyak (BBM) dan mengurai macet yaitu memberikan incentif kepada kendaraan umum untuk menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan. Jangan hanya dibagikan konverter bahan bakar gas (BBG), namun SPBGnya belum di bangun memadai,” tutur Eka kepada Bisnis, Rabu (7/11/2012).

Menurutnya, kalau pemerintah hanya mendukung go green (konsep ramah lingkungan) untuk mobil pribadi menjadi berharga lebih murah, dampaknya akan kembali menambah kemacetan di jalanan, apalagi di Jakarta.

“Macet, macet dan makin menderitalah rakyat banyak, yang lebih diuntungkan adalah sektor tersebut saja, bukan masyarakat dalam arti luas yang setiap hari semakin menderita karena macet sehingga kwalitas hidup orang-orang Indonesia harus dihabiskan 60% di jalan raya terutama di Jakarta, bukan bersama keluarga,” kata Eka.

Selain kualitas hidup yang berkurang, imbuhnya, kemacetan akan menghabiskan banyak energi BBM, dan pasti kalau begini terus dalam kurang dari 25 tahun, habis semua cadangan minyak negara ini.

“Rencana memberi insentif kepada mobil pribadi yang go green ini akan mengemuka dalam EIBD (EU-Indonesia business Dialogue) yang digelar di Bali,” katanya.(Antara/yri)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Dewa Yuniardi - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan