ASIANUSA singkatan dari ASOSIASI INDUSTRI AUTOMOTIF NUSANTARA dimana anggotanya terdiri dari produsen 'Micro Car' dan Mesin Penggerak di seluruh Indonesia.



Mobil Rp 50 Juta Diproduksi Massal Mulai Juli

Rabu, 25 Mei 2011 | 17:48 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta - Produsen mobil nasional siap memproduksi kendaraan penumpang mulai Juli mendatang. Mobil penumpang yang diproduksi itu dinamai Metro Tawon dan Gea.

"Kami akan memproduksi 50 unit untuk masing-masing tipe," kata Ketua Bidang Pemasaran dan Komunikasi, Asosiasi Industri Automotive Nusantara (Asia Nusa), Dewa Yuniardi, di sela-sela pameran IndoAutomotive 2011, Rabu 25 Mei 2011.

Kedua mobil penumpang tersebut masing-masing seharga Rp 50 juta. "Pasar mobil ini adalah konsumen yang sebelumnya menjadi pengguna mobil," ujarnya. Semua komponen berasal dari dalam negeri, kecuali mesinnya yang berasal dari Cina.

Selain mobil penumpang, Asia Nusa juga merancang mobil niaga lain, yaitu Komodo. "Sudah terjual 50 unit tahun lalu," ujarnya.
Tawon dirancang untuk korps pemadam kebakaran. Mobil ini diharapkan bisa menembus daerah pedalaman. Dewa mengaku memang belum memprediksi besaran pasar mobil Tawon.

"Namun, kami melihat peluangnya ada. Targetnya, satu kecamatan, satu mobil," ujarnya.
Produksi masih bisa terus ditingkatkan. Sebab, kapasitas maksimum untuk seluruh tipe sebesar 600 unit.

Direktur Industri Alat Transportasi Darat Kementerian Perindustrian, Supriyanto, menargetkan Indonesia bisa memproduksi teknik dan desain mobil sendiri dalam 5 sampai 10 tahun ke depan.

"Sebab, selama ini, desain dilakukan di negara produsen, di Indonesia tinggal dirakit," katanya.

Untuk mendorong pengembangan desain di Indonesia, pemerintah akan memberikan beberapa insentif. Di antaranya insentif untuk pengembangan sumber daya manusia serta riset dan teknologi.

EKA UTAMI APRILIA - http://www.tempointeraktif.com/hg/bisnis/2011/05/25/brk,20110525-336753,id.html

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Dewa Yuniardi - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan