ASIANUSA singkatan dari ASOSIASI INDUSTRI AUTOMOTIF NUSANTARA dimana anggotanya terdiri dari produsen 'Micro Car' dan Mesin Penggerak di seluruh Indonesia.



GEA, Mobil Nasional Milik Indonesia

Setelah beberapa kali tertunda, PT Inka menegaskan pihaknya siap mengadakan grand launching mobil nasional GEA. Bulan Desember atau awal tahun 2011 mendatang, mobil nasional GEA akan dibanderol dengan harga Rp 40 jutaan.

Menurut Iwan Ridwan, marketing PT INKA di Indo Defence Expo 2010, GEA yang akan dilaunching sama dengan GEA versi polisi. Mobil model citycar ini memiliki wheelbase 1.965 mm dan tampak lebih lebih manis dibanding model sebelumnya.

Dari depan, bumper GEA tampak lebih sporty dengan lubang udara yang cukup besar. Sportivitas ini makin bertambah kental berkat aplikasi fog lamp dan head lamp yang berdesain modern. Mesin yang mengusung 650 cc ini masih seperti GEA yang lama, namun dengan sistem injeksi EFI dan penggerak roda depan.

Dari ke belakang tampak buritan yang sederhana namun elegan dengan tambahan tulisan Polmas (Polisi Masyarakat) di belakangnya. Tulisan itu mempertegas bahwa ini adalah mobil kepolisian. Terlebih di bagian tengah mobil tertulis tulisan Patroli dengan logo Samapta yang lumayan besar.

Dan bila kita masuk ke dalam mobil yang memiliki dimensi 3.320×1.490×1.640 mm (PxLxT) ini, nuansa mewah tersembur berkat pilihan warna beige di kabin mobil, meski atribut di bagian dalam seperti roda kemudi, panel indikator atau AC control masih tampak jadul.

Menurut Iwan, untuk pertama kalinya, mereka akan fokus ke pembeli kelompok seperti instansi dan koperasi. Hal itu dilakukan untuk mempermudah layanan after sales, karena untuk membangun dealer dan bengkel resmi dalam waktu dekat ini mereka mengaku belum siap. Sebab kalau berkelompok, pihaknya menjadi lebih mudah dalam melayani perawatan dan penyediaan spare part, karena unitnya berkumpul di suatu tempat.

Mobil Ramah Lingkungan

GEA atau singkatan dari Gulirkan Energi Alternatif ini merupakan mobil ramah lingkungan, sekaligus sebagai jawaban atas perubahan iklim dan pemanasan global. Mobil GEA dikembangkan oleh PT INKA (Industri Nasional Kereta Api) Madiun. GEA memiliki spesifikasi mesin berkapasitas 650 cc, dan berkecepatan 85 km/jam. Ini lebih rendah dari Daihatsu Ceria yang memiliki kapasitas 800 cc. Mobil ini diluncurkan dengan bandrol Rp 45- Rp 50 juta per unit.

Di samping GEA, ada juga mobil ramah lingkungan lainnya. Mahasiswa Jurusan Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang menciptakan prototipe mobil mikro, Arina. Mobil mikro Arina ini merupakan proyek bagi mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir atau skripsi di Unnes. Mereka merencanakan memproduksi secara massal mobil bermesin sepeda motor itu mulai tahun 2010 dengan merangkul beberapa sekolah menengah kejuruan dan industri kecil menengah di Jawa Tengah.

Mobil mikro Arina menggunakan mesin sepeda motor dengan kapasitas mesin 150 cc, 200 cc, dan 250 cc dengan kemampuan laju 400 kilometer dan 10 liter bensin. Mobil berkapasitas 4 penumpang ini masih menggunakan mesin buatan China, namun dari keseluruhan chasis dan bodi mobil Arina dibuat di dalam negeri.

Singkatnya, Indonesia mulai melirik penyediaan mobil ramah lingkungan dan dengan harga yang dapat dijangkau oleh masyarakat. (ria/int)

Sumber:  http://www.inioke.com/

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Dewa Yuniardi - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan